Headlines News :
Home » » Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih

Written By Unknown on Tuesday 8 July 2014 | 02:13


Manfaat bawang putih memang sangat beragam. Seperti yang diketahui, bawang putih tidak hanya sekedar bumbu penyedap masakan saja, tetapi juga memiliki manfaat besar terhadap kesehatan tubuh. Hal itu disebabkan, berbagai zat yang ada di dalam bawang putih akan menguntungkan bagi manusia dalam banyak sisi. Sudah sejak dulu salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma khas ini dikenal sebagai antivirus dan antijamur oleh para ahli pengobatan tradisional. Komponen kimiawi bernama allicin yang terdapat dalam bawang putih pun terbukti mencegah pertumbuhan jamur albicans fungus. Maka dari itu, apabila seseorang mengalami penyakit kulit, cukup mengoleskan bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan dibelah sehingga keluar getahnya, secara teratur sampai penyakit tersebut sembuh.

Manfaat bawang putih yang pertama adalah mampu mencegah pengaruh buruk dari radikal bebas yang berpotensi dapat merusak lapisan arteri. Ya, antioksidan yang terdapat pada bawang putih memang sangat kuat, sehingga ia juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan menghentikan proses pembentukan jaringan parut. Di samping itu, mengonsumsi bawang putih mentah juga sangat disarankan karena dapat menurunkan tekanan darah. Bumbu dapur ini pun memiliki kemampuan untuk mengurangi kekakuan pada trombosit, sehingga dapat mengencerkan darah yang terlalu kental di dalam tubuh kita.

Manfaat bawang putih juga dapat dirasakan oleh penderita diabetes tipe 2. Ya, dengan memakan bawang putih secara teratur, maka kadar gula darahnya akan menjadi normal. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga bisa melawan demam dan penyakit flu. Caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih di dalam sajian salad ataupun bumbu sop. Selain itu, rasanya juga akan menjadi lebih lezat jika dicampurkan ke dalam aneka sayuran panggang. Untuk membuat sajian bawang putih yang menyehatkan dan tidak merusak partikel-partikel serta zat lainnya yang terdapat di dalamnya, maka kita bisa memanggang kentang bersama bawang putih dan selada sampai matang. Menilik pada berbagai manfaat yang dikandungnya tersebut, tidak mengherankan jika para ahli kesehatan menyarankan setiap orang untuk menggunakan bawang putih pada menu santapnya setiap hari. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger