Headlines News :
Home » , , , » Suratno : Hatta Retorika dan Jusuf Kalla Realistis

Suratno : Hatta Retorika dan Jusuf Kalla Realistis

Written By Unknown on Thursday 3 July 2014 | 03:57

Suratno yang merupakan Pengamat Politik Universitas Paramadina menanggapi hasil debat calon wakil presiden yang dilangsungkan pada hari Minggu lalu. Akan tetapi ia menilai, hasil debat tersebut tidak jauh berbeda dengan debat yang sebelumnya. Calon wakil presiden Hatta Rajasa dianggapnya lebih baik dalam retorika, sedangkan Jusuf Kalla lebih realistis dan implementatif. Ia pun memberi permisalan, pembahasan pendidikan budi pekerti yang disampaikan oleh Jusuf Kalla mengenai kurikulum yang baru diluncurkan pada tahun lalu itu secara konseptual mengacu pada negara maju. Kurikulum itu lebih mengedepankan tiga aspek yaitu skill, psikomotorik, dan juga afektif.

Suratno menilai, apabila pasangan bernomor urut dua, Jokowi dan JK yang terpilih, maka kurikulum 2013 itu harus mereka lanjutkan dan diperbaiki lagi, khususnya yang dilihat dari segi implementasinya. Di samping itu, konsep Revolusi Mental yang ditekankan oleh Jusuf Kalla pada perubahan mindset guru lebih bisa diterapkan lantaran para guru menjadi ujung tombak yang langsung berhubungan dengan anak-anak. Begitu juga dengan misi yang berhubungan dengan sejumlah lembaga pendidikan tinggi juga ia nilai bisa menjadi lebih realistis.

Sedangkan Hatta Rajasa yang mengedepankan pendidikan gratis selama 12 tahun dan anggaran Rp 10 triliun untuk keperluan riset dan teknologi, bagi Suratno sudah cukup bagus dalam tataran konsep. Akan tetapi menurut pendapatnya, Hatta belum menjabarkan sumber dana tambahan untuk mencapai jumlah tersebut. Suratno menilai, tentu saja itu adalah hal yang sangat bagus karena Indonesia setiap tahunnya mengalami defisit. Namun Hatta belum menjelaskan, dari mana dana itu mau ditambahkan.

Sementara itu, terkait dengan korespondensi di antara cawapres dalam sesi tanya jawab, Suratno menilai bahwa kedua kandidat itu sudah terjebak pada pertanyaan apa yang telah dilakukan rivalnya berhubungan dengan tema yang diangkat. Oleh sebab itu Suratno berpendapat pemaparannya masih kurang fokus. Menurut Suratno, pada saat menjawab pertanyaan, retorika Hatta dianggap lebih meyakinkan. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger