Headlines News :
Home » » Jangan Sering Menahan Buang Air Kecil!

Jangan Sering Menahan Buang Air Kecil!

Written By Unknown on Monday 11 August 2014 | 02:51


Jangan sering menahan buang air kecil! Ya, tidak dapat dipungkiri lagi jika hampir setiap orang di dunia pasti pernah mengalami kondisi seperti ini, yaitu untuk menahan kencing karena situasi yang sedang tidak memungkinkan untuk buang air kecil pada saat itu juga. Seperti pada saat berada di dalam perjalanan, menghadiri acara yang penting, sedang berada di lokasi yang tidak mempunyai toilet, sedang serius bekerja, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui, jika kondisi menahan buang air kecil yang sering dilakukan itu bisa membahayakan kesehatan tubuh, sehingga sebisa mungkin segeralah Anda menunaikan panggilan alam tersebut jika keadaan sudah memungkinkan.

Menurut Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, menunda buang air kecil itu dapat menyebabkan orang beresiko terkena infeksi saluran kencing. Dokter yang dalam kesehariannya menjalani tugas di bagian penyakit dalam dan staf pengajar Ilmu Penyakit Dalam di FKUI/RSCM ini pun memperingatkan dengan tegas. Meskipun terlihat sebagai hal yang sepele, tapi dalam kenyataannya menahan buang air kecil dapat menyebabkan bakteri mudah berkembang biak di dalam kandung kemih, sebagai tempat urine berkumpul. Semakin lama kita menahan keinginan untuk membuang air seni, maka resiko penyakit infeksi kandung kemih makin besar.

Memang, urine mengandung banyak bakteri, selain juga berbagai zat lain yang sudah tidak diperukan oleh tubuh sehingga harus segera dikeluarkan, Pada saat urine sudah berkumpul dan memenuhi kandung kemih, maka keinginan untuk buang air kecil itu pun muncul. Pada umumnya, kandung kemih manusia dewasa hanya mampu menampung 15 ons air atau sekitar 2 gelas kurang. Maka dari itu ketika kandung kemih tersebut sudah penuh, ia akan segera mengirim sinyal ke otak untuk segera mengosongkannya. Hal inilah yang mengakibatkan Anda merasa ingin buang air kecil.

Maka dari itu, sebaiknya jangan sampai Anda menunda terlalu lama keinginan untuk buang air kecil karena hal itu akan membawa resiko kesehatan yang tidak sedikit
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger