Headlines News :
Home » » Apa Itu Penyakit Meningitis?

Apa Itu Penyakit Meningitis?

Written By Unknown on Tuesday 24 June 2014 | 03:54


Apa itu penyakitmeningitis? Ya, nama penyakit itu sekarang ini memang sedang diperbincangkan banyak orang setelah pelawak Olga Syahputra dikabarkan mengidap penyakit tersebut. Olga yang didiagnosa mengalami penyakit meningitis, merasakan gejala sakit kepala hebat dan daya tahan tubuhnya juga mengalami penurunan secara drastis. Lalu, apa sebenarnya penyakit meningitis itu? Apa saja penyebab timbulnya penyakit tersebut dan bagaimana dampak yang disebabkan oleh penyakit itu? Berikut ulasannya.

Apabila kita menyimak penjelasan yang diberikan oleh dokter Rumah Sakit Pondok Indah yang menangani penyakit Olga, yakni dr. Rubiana Nurhayati, SpS, meningitis merupakan penyakit radang yang terdapat pada selaput membran di otak. Selaput itu berfungsi sebagai pelindung otak dan sum-sum tulang belakang. Sementara selaput membran itu bernama meningen. Konon, radang tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, mulai dari bakteri, virus, dan juga mikroorganisme. Secara garis besar, gejala yang ditimbulkan memang hampir sama dengan apa yang sudah dialami oleh presenter sekaligus komedian Olga Syahputra.


Orang yang menderita penyakit meningitis ini akan mengalami sakit kepala dan pusing yang hebat, leher terasa kaku, dan juga terjadi demam tinggi. Penyakit meningitis ini terbagi menjadi 3 jenis yang umum yang dapat diderita oleh manusia, yakni viral meningitis yang paling ringan. Penyakit jenis ini bisa sembuh tanpa harus melakukan perawatan yang serius karena gejalanya mirip seperti flu biasa. Jenis yang kedua adalah bacterial meningitis, yang disebabkan oleh bakteri meningococcal bacteria. Penyakit ini sudah cukup berat sehingga membutuhkan pengobatan yang serius.


Sedangkan jenis yang ketiga ialah jenis meningitis triptokokus yang disebabkan oleh jamur triptokokus. Penyakit ini pun bisa menular. Cara penularannya itu bisa melalui udara dan kotoran penderita yang sudah mengering dan mengandung jamur tersebut. Karena penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri dan virus, maka cara pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan sebaik mungkin. Selain itu, kita juga harus menghindari mengonsumsi makanan yang kotor dan tercemar bakteri tersebut. Oleh sebab itu lebih disarankan untuk memakan masakan rumah yang sudah terjamin kesehatan serta kehigienisannya daripada harus jajan di luar. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger