Headlines News :
Home » , » Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa

Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa

Written By Unknown on Saturday 28 June 2014 | 04:10

Cara menjaga kebugaran tubuh pada saat berpuasa tentu saja sangat penting untuk diketahui. Sebab, pada saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, tubuh diharuskan beradaptasi dengan suasana yang baru. Seperti harus bangun dini hari untuk menyantap sahur, lalu berpuasa tak makan dan tak minum sampai waktu maghrib tiba. Selain itu, menu makanan yang dikonsumsi juga tidak bisa sembarangan saja. Sebab, kebiasaan menyantap makanan yang sembarangan justru dapat membuat gangguan kesehatan. Misalnya langsung lanjut tidur setelah makan sahur, atau langsung makan dalam porsi besar pada saat berbuka puasa.

Maka dari itu, bulan suci Ramadhan akan hadir datang sebentar lagi juga menjadi ujian bagi seseorang untuk mampu mengendalikan kondisi kesehatan tubuhnya. Sebenarnya, puasa sangat bermanfaat baik bagi tubuh dalam melakukan proses penyegaran. Terlebih lagi ditunjang dengan kebiasaan hidup yang benar akan menjadikan puasa Anda sebagai ibadah, sekaligus masa yang tepat untuk membuat kesehatan tubuh menjadi semakin prima.

Cara menjaga kebugaran tubuh pada saat berpuasa dimula dengan sahur yang baik. Disarankan untuk makan sahur di akhir waktu. Selain itu, jangan lupa untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral. Dan jangan sampai lewatkan kandungan serat yang terdapat pada sayur dan buah-buahan segar. Nutrisi harus tetap seimbang selama tubuh Anda menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Jangan lupa untuk meminum air putih sesuai kebutuhan tubuh supaya Anda tidak mengalami dehidrasi pada waktu berpuasa. Selain itu, jangan langsung tidur selesai menyantap sahur karena dapat menyebabkan refluks asam lambung.

Pada saat berbuka puasa, jangan langsung mengonsumsi makanan berat. Tapi, berbukalah dengan terlebih dulu meminum air putih hangat. Setelah itu mulai makan makanan yang ringan seperti buah kurma, kolak pisang, ataupun biji salak. Disarankan untuk makan besar setelah melakukan shalat maghrib. Sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi makanan yang digoreng. Setelah kenyang berbuka puasa, jangan langsung tidur, lakukanlah aktivitas lain terlebih dulu.


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger