Headlines News :
Home » » Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Written By Unknown on Monday 9 June 2014 | 00:52


Cara menjaga kesehatan mata adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan semua orang. Seperti yang diketahui, mata yang sehat pasti akan menjadi keinginan dari setiap orang. Sebab, ketidakmampuan untuk melihat dapat menjadi persoalan serius dalam hidup yang kita jalani. Maka dari itu, selama kita masih mempunyai mata yang sehat, ada baiknya kita harus bisa menjaga serta merawatnya dengan baik supaya dapat berfungsi optimal seumur hidup.

Cara menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan adalah dengan memakai kacamata hitam untuk menolak pancaran ultraviolet. Sebab, sinar ultraviolet yang berlebihan dapat mempengaruhi timbulnya resiko mata katarak. Selain itu, sinar matahari juga dapat merusak retina, menyebabkan keriput dan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker di sekitar mata. Selain itu, kita juga harus membiasakan pola hidup sehat seperti di antaranya tidak merokok. Tahukah Anda jika rokok sangat mempengaruhi resiko terkena penyakit katarak? Selain itu, rokok juga dapat mempercepat degenerasi fungsi organ tubuh, termasuk mata.

Cara menjaga kesehatan mata juga dipengaruhi asupan makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk mengonsumsi makanan yang bermanfaat baik untuk kesehatan mata, seperti berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C, E, A, seng, antioksidan, lutein, zeaxanthin, asam lemak omega-3, DHA, dan juga EPA. Selain memperhatikan asupan makanan, kita juga harus melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Pada umumnya, orang dewasa yang sudah memasuki umur kepala empat akan mulai mengalami masalah pada mata. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk melakukan skrinning pada awal usia tersebut secara teratur untuk mendeteksi sejak dini apabila kemungkinan terdapat masalah pada mata Anda. Apabila Anda sudah mulai merasakan kejanggalan pada penglihatan Anda, segera periksakan ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut.


Cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah dengan menggunakan pelindung mata pada saat melakukan pekerjaan yang berisiko tinggi, seperti misalnya kacamata pelindung. Gunakanlah kacamata pelindung apabila Anda sedang mengelas besi untuk menghindari percikan bunga api yang dapat masuk ke dalam mata Anda.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger