Headlines News :
Home » » Tips Jalankan Puasa Bagi Para Penderita Maag

Tips Jalankan Puasa Bagi Para Penderita Maag

Written By Unknown on Monday 23 June 2014 | 04:58



Tips menjalankan puasa bagi para penderita maag memang sangat penting untuk diketahui supaya tubuh bisa tetap sehat. Ya, sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan tiba, dengan demikian seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Dan bagi Anda yang mempunyai penyakit maag, tentu saja akan timbul rasa khawatir jika penyakit tersebut bakal kambuh apabila Anda tetap menjalankan ibadah puasa tersebut.

Seperti yang diketahui, jenis penyakit maag dibagi menjadi dua, yakni maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional pada umumnya disebabkan adanya rutinitas makan yang tidak teratur, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, dan juga meminum kopi serta soda yang berlebihan. Selain itu, stress juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sementara maag organik disebabkan oleh organ pencernaan yang mengalami gangguan seperti kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, bahkan kanker.

Mayoritas penyakit maag yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia adalah maag fungsional. Menurut dokter dan para ahli, jenis penyakit maag ini aman jika digunakan untuk berpuasa. Bahkan, penyakit maag tersebut akan menjadi semakin baik kondisinya dengan berpuasa. Hal itu disebabkan, pola makan penderita maag akan berubah menjadi lebih teratur apabila dibandingkan pada saat mereka tidak berpuasa. Oleh sebab itu, bagi Anda yang termasuk penderita maag organik dianjurkan untuk mengonsumsi obat sebelum sahur dan sesudah berbuka, supaya kondisi lambung yang terluka bisa mendapat penanganan terlebih dulu.

Kesadaran untuk menghindari sejumlah makanan yang dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebih seperti makanan yang bercita rasa asam, pedas, atau makanan yang dapat menimbulkan gas, sebaiknya harus dilakukan. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, kafein, gorengan, soda,dan cuka. Mungkin saja dalan beberapa hari di awal puasa akan terasa lebih berat karena lambung memang sedang berada dalam proses adaptasi. Rasa mual, tubuh lemas, dan perut terasa merupakan hal yang biasa. Setelah itu, maka lambung baru dapat akan menyesuaikan diri dan penyakit maag tidak akan lagi mengganggu ibadah puasa yang sedang Anda jalankan.


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger