Headlines News :
Home » , » Emrus Sihombing : Prabowo Subianto Telah Membuat Masyarakat Kecewa

Emrus Sihombing : Prabowo Subianto Telah Membuat Masyarakat Kecewa

Written By Unknown on Wednesday 23 July 2014 | 04:50


Emrus Sihombing yang merupakan salah satu pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan berpendapat bahwa sikap yang ditunjukkan oleh calon presiden Prabowo Subianto yang menolak dan menarik diri dari proses pemilihan presiden 2014 sudah membuat kecewa seluruh masyarakat. Sikap yang ditunjukkan oleh Prabowo itu memberikan dampak yang tidak baik pada perkembangan demokrasi di Indonesia. Menurut Direktur Emrus Corner ini, akan menjadi lebih bijak rasanya apabila pasangan yang kalah menempuh langkah hukum ke Mahkamah Konstitusi.

EmrusSihombing mengungkapkan, kedua calon presiden adalah para tokoh yang dikagumi oleh masyarakat. Hal itu terbukti, selisih suara di antara kedua pasangan itu hanya sekitar lima persen saja. Artinya adalah kedua capres tersebut sama-sama mendapatkan banyak dukungan dari rakyat. Maka dari itu, apabila ada pasangan yang menarik diri jelang hasil final seperti ini, tentu saja akan sangat tidak baik untuk demokrasi ke depannya.

Emrus Sihombing juga menambahkan, untuk ke depannya maka masyarakat akan merasa pesimis dengan pemilihan umum. Maka dari itu, ia pun memberikan saran kepada pasangan yang tidak menerima hasil pilpres dan berpikir ada ketidakadilan, sebaiknya mengambil langkah legal dengan menggugat ke Mahkamah Konstitusi saja. Dengan demikian, terdapat hukum formal definitifnya. Demokrasi yang beradab harus diselesaikan secara hukum.

Menurut penilaian Emrus, sebaiknya Prabowo Subianto sudah menarik diri dari pilpres 2014 ini sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan calon presiden dan wakil presiden. Emrus pun mengibaratkan seperti sebuah pertandingan tinju. Jadi menurutnya, Prabowo baru mundur setelah ronde ke 12. Jangankan di ronde ke 12, jika mundur di ronde pertama saja sudah dinyatakan kalah. Oleh sebab itu, seharusnya mundur sebelum ronde pertama.

Seperti yang diketahui, capres dengan nomor urut satu, Prabowo Subianto menganggap proses pelaksanaan Pilpres 2014 yang diselenggarakan oleh KPU ini bermasalah, tak demokratis, dan bertentangan dengan UUD 1945. Oleh sebab itu, ia pun menolak pelaksanaan pilpres dan menarik diri dari proses pilpres.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger