Headlines News :
Home » , » Jokowi Minta Masukan Publik untuk Susun Kabinet

Jokowi Minta Masukan Publik untuk Susun Kabinet

Written By Unknown on Tuesday 29 July 2014 | 01:36

Joko Widodo alias Jokowi yang merupakan Presiden terpilih untuk periode 2014-2019 pada Pemilu Presiden 2014 lalu sudah mulai memikirkan soal penyusunan kabinet pemerintahannya bersama dengan wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla. Akan tetapi, Jokowi justru terlebih dulu meminta masukan dari publik sebelum menyusun kabinetnya tersebut. Ya, di dalam akun resmi kubu Jokowi-JK yang terdapat di situs jejaring sosial Facebook dengan nama Jokowi Center, publik diminta untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan pandangan mengenai siapa saja sosok yang sesuai untuk menjadi pembantu presiden dan wakil presiden pada periode mendatang. Pada akun tersebut, sudah diunggah lembaran yang diberi nama Kabinet Alternatif Usulan Rakyat(KAUR). Dan tertulis, para relawan merasa perlu untuk terus mengawal perjalanan politik Jokowi-JK dengan berbagai cara usai dinyatakan sebagai pemenang pilpres yang diadakan pada tanggal 9 Juli 2014 lalu.

Jokowi Center dan Radio Jokowi pada akhirnya mengambil keputusan untuk ikut mengawal proses penjaringan nama-nama calon menteri yang dianggap layak oleh publik. Setidaknya terdapat 34 daftar menteri yang dimintai pendapatnya. Masing-masing posisi memiliki tiga calon. Di samping itu, juga terdapat opsi lain untuk mengisi sendiri nama tokoh di luar tiga calon yang ada pada daftar itu. Isi pesan tersebut menyebutkan, pemilihan menteri memang merupakan hak prerogatif presiden. Akan tetapi, bukan berarti jika rakyat tidak bisa ikut berpartisipasi di dalamnya. Pada saat memilih daftar nama calon-calon menteri tersebut, mereka sudah terlebih dulu melakukan diskusi intensif dengan sejumlah kalangan, seperti para wartawan, aktivis, intelektual, dan juga para politikus.


Mereka berpendapat, jika nama-nama yang dihadirkan tersebut bisa dipilih oleh masyarakat sebagai salah satu bagian dari laku politik. Pada saat dikonfirmasi oleh wartawan, Jokowi pun membenarkan bila laman itu memang telah dibuat oleh timnya. Tetapi, Jokowi menolak apabila disebut sudah serius mencari sosok yang tepat untuk mengisi kabinet pemerintahannya. Sebab menurut Jokowi, hal itu hanya dimaksudkan untuk meminta masukan dari masyarakat saja. Ia pun memastikan, jika setiap orang yang akan mengisi kabinetnya nanti sudah mempunyai latar belakang profesional, baik dari partai politik atau pun dari unsur yang lain.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger