Headlines News :
Home » , , , » Jokowi Punya Banyak Ujian Untuk Menyusun Kabinet Pemerintahan

Jokowi Punya Banyak Ujian Untuk Menyusun Kabinet Pemerintahan

Written By Unknown on Thursday 31 July 2014 | 04:47

Jokowi sebagai Presiden terpilih dari hasil Pilpres 2014 lalu memang mempunyai banyak ujian untuk menyusun kabinet pemerintahannya. Memang banyak pihak yang menilai jika penyusunan kabinet pemerintahan selanjutnya akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Jokowi maupun Jusuf Kalla bila nanti resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Salah satunya adalah analis politik dan Universitas Diponegoro, Semarang yang bernama Mochmad Yulianto. Menurutnya penyusunan cabinet itu akan menunjukkan bagaimana ketegasan seorang Joko Widodo menghadapi Intervensi dan tekanan dari partai-partai politik koalisi yang berkedudukan sebagai pengusung pasangan tersebut. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang itu menambahkan, daftar nama menteri dan pejabat tinggi setingkat menteri yang diminta bergabung juga bakal menjadi ujian bagi keberanian Jokowi-Kalla dalam membentuk kabinet ahli (zaken) dan profesional.

Saat Jokowi dideklarasikan menjadi calon Presiden, mantan Walikota Solo tersebut mengatakan bila tidak ada komitmen untuk bagi-bagi jatah kursi atau kekuasaan dengan partai pengusung koalisi dalam hal penyusunan kabinet pemerintahan. Akan tetapi, beberapa analis menilai dalam sistem multi partai seperti yang ada di Indonesia ini, hasrat untuk bagi-bagi jatah kekuasaan akan sulit untuk diterapkan bila melihat juga dari kebijakan eksekutif dan presiden juga banyak ditentukan oleh kekuatan partai di parlemen. Komposisi parlemen hasil Pemilu Anggota Legislatif 2014 lebih dominan dikuasai oleh partai-partai pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, yakni Partai Golkar, Gerindra, PAN, PKS, PPP, dan Demokrat.

Sementara duet dari pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla diusung oleh PDI Perjuangan, Nasem, PKB, Hanura, dan juga PKPI. Selain itu, tim Jokowi Center juga telah merilis beberapa nama tokoh yang dianggap layak untuk mengisi posisi menteri dikabinet pemerintahan Jokowi. Dan Jokowi berharap jika publik dapat memberikan masukan siapa sosok yang layak untuk membantu dirinya dan Jusuf Kalla dalam menjalankan program-program pemerintahan yang bertujuan membuat Indonesia Baru sambil menunggu pelantikkan resmi untuk menjadikan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014 hingga 2019 kedepan. Harapan tinggi dari masyarakan tentu saja membuat Jokowi dan Jusuf Kalla tetap mengutamakan kepentingan rakyat diatas segalanya, dan mereka bertujuan untuk menciptakan kabinet yang professional.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger