Headlines News :
Home » » Kalsium yang Berlebih Dapat Merusak Ginjal

Kalsium yang Berlebih Dapat Merusak Ginjal

Written By Unknown on Saturday 5 July 2014 | 04:24


Kalsium adalah salah satu mineral penting yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk proses pembentukan tulang. Karena fungsinya itulah, banyak wanita yang takut akan mengalami osteoporosis hingga mereka secara tidak sadar telah mengonsumsi kalsium dalam bentuk susu tinggi kalsium secara berlebihan. Padahal, kita harus mengetahui dengan pasti jika asupan kalsium yang berlebihan juga sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk organ ginjal. Ya, hal itulah yang diungkapkan oleh dr. Nina Kemala Sari SpPD dari RSCM.

Kalsium yang berlebih tersebut tidak akan mampu diserap oleh tubuh. Oleh sebab itu, ia akan dikeluarkan melalui urin. Hal itulah yang kemudian dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi semakin berat saja. Sebab dengan begitu, maka ginjal harus menyaring terlebih dulu kalsium yang didapatkan oleh tumbuh tersebut dengan berbagai mineral lainnya yang akan dikeluarkan menjadi urin. Maka dari itu, semakin banyaknya konsumsi susu tinggi kalsium yang Anda minum, maka kinerja organ ginjal di dalam tubuh Anda akan menjadi semakin berat saja, sebab tidak semua kalsium yang Anda minum itu akan diserap seluruhnya oleh tubuh.

Akan tetapi sebaliknya, kalsium yang mengendap di dalam ginjal itu justru bisa menjadi sangat berbahaya dan dapat menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal. Cara pencegahannya tentu saja harus kita ketahui, yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Sebab, dengan banyak meminum air putih, maka ginjal bisa menjadi lebih bersih dari pembentukan batu ginjal.

Selain itu, tentu saja susu tinggi kalsium yang Anda konsumsi setiap hari tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh akan kalsium dalam kesehariannya. Menurut dr Nina Kemala Sari, satu gelas susu berkalsium tinggi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, perhatikan dan batasilah konsumsi susu berkalsium yang biasa Anda minum. Hal ini berlaku bagi semua kalangan, tidak hanya para wanita saja yang memang rentan mengalami osteoporosis.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger