Headlines News :
Home » , » Bahaya Gula untuk Kesehatan Anak

Bahaya Gula untuk Kesehatan Anak

Written By Unknown on Friday 22 August 2014 | 04:08


Bahaya gulauntuk kesehatan anak memang harus diketahui benar oleh setiap orang tua di dunia. Memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika pada umumnya anak-anak memang suka mengonsumsi makanan yang bercita rasa manis, bahkan makanan seperti permen, es krim, dan coklat selalu diidentikkan sebagai makanan wajib anak-anak. Faktanya, terdapat sekitar 16 persen total kalori yang dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja dalam satu hari berasal dari gula tambahan. Padahal, mengonsumsi gula secara berlebihan bisa mengakibatkan gigi keropos, anak yang menjadi hiperaktif, dan peningkatan risiko obesitas serta diabetes tipe 2.

Bahaya gula di antaranya adalah dapat menimbulkan penyakit batuk, pilek, dan juga alergi. Ya, Julie L Wei yang merupakan dokter anak Nemours Children's Hospital di Orlando mengungkapkan, ada banyak pasien yang mengeluh hidungnya berwarna merah, lendir yang ada berlebih, sering batuk, dan gejala lain dari infeksi sinus. Bahkan, beberapa di antaranya bahkan juga didiagnosa mengalami alergi tanpa tes lanjutan. Di samping itu, sebagian besar anak yang gemar mengonsumsi makanan bercita rasa manis juga dapat merasakan inflamasi pada saluran pernapasannya.

Sebenarnya, anak-anak tersebut terlihat sehat, tetapi pada saat malam hari mereka batuk-batuk dan kesulitan untuk bernapas. Setelah diteliti, ternyata anak tersebut meminum susu cokelat yang manis sepanjang hari. Ketahuilah jika kombinasi antara susu dan gula cukup sulit untuk dicerna sehingga menimbulkan asam yang tinggi. Maka dari itu, makanan sering kali kembali ke tenggorokan lagi dan merusak jaringan yang terdapat di sana.

Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula juga dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Seperti yang diketahui, mikroba yang ada di dalam tubuh terdiri atas triliunan bakteri baik yang berfungsi untuk mencerna makanan, memproduksi vitamin, dan melindungi dari serangan bakteri serta berbagai penyakit lainnya. Akan tetapi karena terlalu banyak mengonsumsi gula, keseimbangan antara jumlah bakteri yang baik dan jahat di dalam tubuh menjadi terganggu. Sehingga anak-anak yang lebih suka makanan manis cenderung lebih mudah mengalami gejala pilek.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger