Headlines News :
Home » , » Cangkok Organ Tubuh yang Sedang Mendunia

Cangkok Organ Tubuh yang Sedang Mendunia

Written By Unknown on Wednesday 6 August 2014 | 05:07


Cangkok organ tubuh pada saat ini memang sudah lazim dilakukan dalam dunia kedokteran. Walaupun demikian, seseorang yang sedang membutuhkan donor organ tentu saja harus melalui proses yang cukup panjang terlebih dulu. Selain harus masuk ke dalam daftar tunggu yang lama, juga masih ada kemungkinan jika organ yang dicangkokkan tersebut tidak cocok. Di samping itu, yang menjadi faktor kegagalan lainnya adalah kemungkinan organ yang diambil tersebut mengalami kerusakan di dalam perjalanan atau gagal berfungsi setelah proses transplantasi. Sampai dengan sekarang ini, proses pemindahan organ yang akan didonorkan, seperti halnya ginjal, jantung, paru, hati, atau pun pankreas dilakukan dengan menggunakan kotak yang diisi es untuk mengawetkan organ selama dalam perjalanan menuju tempat si penerima organ. Kotak yang berisi es batu itu hanya dapat menjaga organ tersebut sekitar empat jam saja.

Sekarang ini, para ilmuwan pun sudah menemukan satu perangkat baru yang berfungsi untuk menjaga kondisi organ jantung selama sedang berada dalam perjalanan tersebut. Lewat teknologi yang disebut Organ Care System (OCS) atau yang dinamakan jantung dalam kotak. Cara kerja alat buatan dari Transmedic ini memang menyerupai tubuh manusia, yaitu memompa darah yang sudah diberikan oksigen ke dalam jantung sehingga fungsi organ ini akan tetap berjalan normal walaupun sedang tidak berada di dalam tubuh manusia. Teknologi tersebut mampu memperpanjang waktu organ selama berada di luar tubuh hingga 8 jam. Sementara itu, kelebihan lainnya adalah dengan jantung yang tetap berdetak tersebut, maka dokter dapat menilai terlebih dulu apakah organ tersebut cocok untuk ditransplantasikan atau tidak.

Selama kurun waktu satu tahun terakhir ini, OCS pun sudah digunakan oleh tim kedokteran yang berasal dari Harefield Hospital, Middlesex, Inggris. Tim dokter di sana telah melakukan 25 operasi transplantasi dengan organ yang dibawa menggunakan OCS tersebut. Andre Simon yang merupakan Direktur Transplantasi di Rumah Sakit Royal Bompton & Harefield mengungkapkan, mereka mampu menyelamatkan lebih banyak nyawa manusia karena adanya perangkat itu dapat menempuh jarak lebih jauh untuk menerima organ donor. Di samping itu, risiko gagal jantung pasca transplantasi pun bisa dikurangi.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger