Headlines News :
Home » » Faktor Penyebab Asam Urat

Faktor Penyebab Asam Urat

Written By Unknown on Tuesday 19 August 2014 | 22:19


Faktor penyebabasam urat memang perlu diketahui, selain mengetahui bagaimana cara untuk mencega dan mengobatinya. Rasa nyeri akibat serangan asam urat memang dapat mengganggu sejumlah aktivitas yang harus kita lakukan setiap harinya. Sebenarnya, asam urat atau yang juga sering disebut dengan istilah gout ini adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan penumpukan kristal urat sehingga timbul peradangan. Di samping karena faktor makanan yang dikonsumsi, ternyata masih ada pemicu lainnya yang dapat menimbulkan penyakit tersebut.

Faktor usia tentu saja menjadi penyebab asam urat yang pertama. Pada umumnya, asam urat lebih banyak ditemukan pada orang yang sudah berumur 45 tahun ke atas, walaupun tidak sedikit juga orang yang baru menginjak usia 30 tahun tetapi sudah mengalami asam urat. Theodore Fields, MD yang merupakan profesor sekaligus juga ahli sendi menyatakan, semakin tua seseorang, maka risiko menderita asam urat pun akan semakin besar. Hal itu disebabkan, usia yang menua dapat diartikan dengan fungsi ginjal yang juga akan berkurang. Hal tersebut yang kemudian berakibat pada kadar asam urat yang bertambah. Obat-obat yang dipakai seiring bertambahnya usia juga bisa meningkatkan risiko terkena asam urat.

Faktor jenis kelamin tentu saja mempengaruhi penyakit asam urat. Biasanya, penderita penyakit asam urat ini kebanyakan adalah kaum laki-laki. Pada saat asam urat menyerang di usia muda, maka penyakit itu bisa terus berlanjut hingga seumur hidup. Laki-laki memang mempunyai asam urat yang lebih tinggi daripada wanita. Sebab, jormon estrogen yang terdapat pada wanita cenderung akan melindungi tubuhnya dari resiko terkena asam urat sejak anak-anak. Akan tetapi, setelah menopause, risiko terkena asam urat menjadi sama dengan kaum pria.

Faktor penyebab asam urat lainnya adalah kondisi kesehatan tubuh. Ya, setiap orang yang mengidap penyakit lain cenderung mudah terkena asam urat, seperti orang yang mengalami kegemukan (obesitas) atau para penderita diabetes. Disebutkan jika para penderita obesitas punya risiko empat kali lebih besar menderita asam urat dibanding yang berberat badan normal.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger