Headlines News :
Home » , » Kebiasaan Sehat yang Mengoptimalkan Fungsi Otak

Kebiasaan Sehat yang Mengoptimalkan Fungsi Otak

Written By Unknown on Thursday 7 August 2014 | 06:08

Kebiasaan sehat yang mengoptimalkan fungsi otak memang sangat penting untuk kita ketahui dan terapkan, Sebab, setiap otak manusia seperti sebuah mesin yang harus dipanaskan terlebih dulu untuk dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsi yang dimilikinya. Dan di dunia ini, setiap orang dituntut untuk belajar. Selalu saja ada hal yang baru, dan belum diketahui oleh semua orang sehingga harus menangkap dengan cepat pelajaran tersebut. Tidak hanya para pelajar atau mahasiswa saja yang mempunyai tugas untuk belajar, tetapi kaum ibu dan balita pun harus selalu belajar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta skill yang dimilikinya. Seperti misalnya balita yang belajar mengenal huruf, membaca, menulis, mewarnai, ataupun menggunting. Begitu juga dengan para ibu rumah tangga yang belajar untuk memasak menu makanan baru, dan lain sebagainya.

Kebiasaan sehat yang mengoptimalkan fungsi otak di antaranya adalah dengan rajin berolahraga. Ya, olahraga yang dilakukan secara teratur tentu saja dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mampu meningkatkan kemampuan memori dan sistem pembelajaran. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan, jika memori dan proses kognitif (kemampuan berfikir) akan semakin membaik setelah melakukan olahraga kira-kira 15 menit setiap harinya. Di samping itu, meditasi juga layak untuk dilakukan. Sebab, meditasi dapat membuat Anda memiliki kemampuan maksimal untuk mengelola stres, meningkatkan memori, dan juga menambah tingkat konsentrasi ketika belajar.

Kebiasaan sehat yang mengotimalkan fungsi otak juga dipengaruhi oleh faktor makanan yang kita konsumsi. Mengonsumsi asam lemak tidak jenuh memang sangat penting bagi fungsi otak dan membantu mengontrol pembelajaran otak dan pusat memori. Sumbernya bisa kita dapatkan dari ikan salmon, makarel, kacang tanah, kenari, dan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk meminum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan efek negative yang dapat mempengaruhi kinerja otak.

Kebiasaan lainnya yang dapat meningkatkan fungsi otak untuk menyerap pelajaran dengan cepat adalah tidur yang cukup. Ya, memang ada pelajar ataupun pekerja yang sering mengurangi waktu tidurnya karena terlalu sibuk. Perlu Anda sadari, jika tidur merupakan aktivitas penting yang berpengaruh pada fungsi otak. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger