Headlines News :
Home » , » Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Written By Unknown on Saturday 9 August 2014 | 22:25

Kopi dapat menjaga kesehatan mata. Ya, penelitian yang terbaru mengenai kopi menemukan bahwa salah satu minuman yang mengandung kafein itu dapat memberikan kesehatan bagi mata setiap manusia. Dengan mengonsumsinya, maka jaringan mata akan lebih terjaga sehingga memperlambat masalah penurunan kemampuan atau degenerasi dalam melihat objek pandangan tertentu. Ya, seperti itulah yang dikutip dari halaman Erabaru yang mengutip dari USA Today. Para peneliti menemukan, di dalam kopi terdapat chlorogenic acid sebesar 7 hingga 9 persen. Zat ini merupakan antioksidan kuat yang mampu membantu menangkal radikal bebas dalam menyebabkan penurunan kualitas jaringan.

Pada percobaan yang dilakukan terhadap tikus, zat itu pun berkhasiat untuk mencegah degenerasi di bagian retina mata. Menurut penulis studi yang dimuat di dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, Chang Lee, penemuan tersebut menegaskan jika kopi merupakan salah satu bagian dari makanan fungsional yakni makanan yang dapat membantu kesehatan secara alami. Dengan begitu, meminum kopi secara tidak berlebihan dapat memberikan kebaikan tersendiri yang diperlukan oleh tubuh.

Kopi merupakan minuman yang paling populer di dunia, dan sekarang ini Lee yang juga adalah profesor ilmu makanan di Universitas Cornell mengaku sedang melakukan penelitian terhadap manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh manusia setelah mengonsumsi kopi. Sebagai indera penglihatan, tentu saja retina mata mempunyai peran yang sangat penting. Gunanya untuk menerima dan memberikan informasi secara visual untuk kemudian diteruskan ke bagian otak. Di dalamnya pun terdapat jutaan sel yang sangat peka terhadap cahaya dan juga sel saraf. Di samping itu, retina adalah jaringan yang paling aktif di dalam metabolisme tubuh.

Hanya saja, sel di dalam retina pun peka terhadap stres oksidatif atau hipoksia. Serangan radikal bebas tersebut disebut-sebut bisa menurunkan kemampuan mata untuk melihat. Retina pun bisa mengalami kerusakan oleh adanya pengaruh penyakit seperti penuaan dini, diabetes, dan juga glaukoma. Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan antioksidan tentu sangat baik untuk melindungi jaringan tubuh dari pengaruh radikal bebas, termasuk yang terdapat pada bagian mata. Dan, kopi merupakan salah satu sumber terbaik dari antioksidan tersebut.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger