Headlines News :
Home » , » Refly Harun : Gugatan Prabowo-Hatta Lemah

Refly Harun : Gugatan Prabowo-Hatta Lemah

Written By Unknown on Friday 1 August 2014 | 06:13


Refly Harun mengungkapkan jika tim Prabowo-Hatta tidak sepenuhnya yakin dengan angka yang diklaim sebagai hasil rekap suara nasional. Ya, kelemahan dari gugatan sengketa Pemilu Presiden 2014 yang sudah diajukan oleh pasangan dari kubu Prabowo dan Hatta memang menimbulkan rasa pesimis jika Mahkamah Konstitusi sebagai pihak yang memiliki wewenang bisa mengabulkan gugatan tersebut. Kelemahan dalam gugatan tersebut terlihat dari banyaknya data yang salah dalam pengetikkan dan juga banyak naskah copy paste dalam gugatan tersebut. Direktur Eksekutif Constitutional and Electoral Reform Center (Correct) Refly Harun menilai, tim Prabowo-Hatta tidak yakin sepenuhnya dengan angka yang diklaim sebagai hasil rekapitulasi suara secara nasional yang benar menurut versi mereka. Hal itu terlihat dari sedikitnya elaborasi mengenai klaim suara tersebut dalam berkas permohonan Prabowo-Hatta.

Refly Harun berpendapat, elaborasi mengenai klaim suara itu hanya terdapat sekitar dua hingga tiga lembar saja dan sumber data yang dipaparkan juga kurang jelas. Penghitungan itu pun dipertanyakan darimana asal usulnya dan apa disertai dengan data yang valid atau tidak. Oleh sebab itu, mereka juga diyakinkan bahwa kubu Prabowo-Hatta sedikit pesimis karena tidak memiliki data yang valid di dalam laporan gugatannya terkait dengan sengketa pemilihan Presiden 2014 yang menurut KPU sudah secara sah dimenangkan oleh kubu Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan menjabat untuk periode 2014 hingga 2019 mendatang.

Di samping diduga tidak merasa yakin dengan dalil angkanya tersebut, menurut penilaian Refly, dugaan pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif yang diajukan oleh tim Prabowo-Hatta itu pun tidak kuat. Berdasarkan hal tersebut, Refly mempunyai pendapat akan terlalu berat jika Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan sengketa yang diajukan tim Prabowo-Hatta. Klaim perolehan suara yang diajukan versi pemohon dan dugaan adanya pelanggaran terstruktur, sistematis, dan juga massif merupakan gugatan yang tidak kuat untuk menggugurkan hasil yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum karena sudah sah dan disaksikan oleh seluruh saksi dan rakyat Indonesia.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger