Headlines News :
Home » » Susan Schneider : Robin Williams Didiagnosa Menderita Parkinson

Susan Schneider : Robin Williams Didiagnosa Menderita Parkinson

Written By Unknown on Saturday 16 August 2014 | 01:29


Susan Schneideryang merupakan istri dari mendiang Robin Williams mengatakan jika sang suami sebelumnya sudah didiagnosa menderita Parkinson menjelang kematiannya. Bersama dengan depresi yang dialami, mungkin saja penyakit itu yang menjadi faktor pemicu dari aksi bunuh diri yang telah merenggut nyawanya tersebut. Keith Ablow, sebagai dokter yang berasal dari Massachusetts Amerika Serikat pun mengungkapkan, orang yang mengalami Parkinson akan memproduksi dopamin dalam jumlah yang terlalu sedikit di beberapa bagian otak. Kekurangan dopamine itulah yang menyebabkan timbulnya gangguan gerakan, termasuk di antaranya adalah otot yang terasa kaku dan tubuh yang bergemetar.

Penyakit Parkinson dan depresi mayor memang sering timbul secara bersamaan dan justru akan saling memperburuk keadaan antara satu dengan yang lainnya. Seseorang yang mengalami dua kondisi ini cenderung lebih mudah untuk merasa cemas, daripada jika hanya mengalami depresi saja. Selain itu, mereka pun cenderung mengalami kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuhnya daripada jika memiliki Parkinson saja. Ablow pun menjelaskan jika kemampuan mereka untuk berkonsentrasi juga sangat menurun.

Namun yang lebih menarik lagi adalah obat-obatan yang disebut ropinirole yang berguna untuk merangsang reseptor dopamin di otak bukan hanya dapat membantu mengatasi penyakit Parkinson di tahap awal saja, tetapi juga depresi. Berbeda dengan obat-obatan tradisional seperti Prozac ataupun Cymbalta yang tidak mampu mengatasi kedua gangguan kesehatan tersebut secara sekaligus. Jika Williams sudah menjalani terapi untuk Parkinson, maka kemungkinan besar gejala depresi yang dialaminya juga ikut terbantu.

Secara psikologi, setiap orang yang didiagnosis dengan Parkinson pada umumnya sudah mengalami depresi mayor terlebih dulu. Banyak orang dengan Parkinson dan depresi yang merasa sangat rendah diri dan kualitas hidupnya menurun dengan cepat. Maka yang penting dari terapi untuk kombinasi kedua kondisi ini adalah kerja cepat. Bagi seorang actor seperti Williams, tentu saja penyakit Parkinson ini dapat menghambat kariernya. Hal itu disebabkan karena Parkinson bisa menyulitkan seseorang untuk menunjukkan ekspresi wajah dan gerak, sebagai dua hal yang sangat penting dalam profesi yang dijalani Williams sekarang ini.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger