Headlines News :
Home » » Ruangan Dengan AC Tidak Menyehatkan Tubuh

Ruangan Dengan AC Tidak Menyehatkan Tubuh

Written By Unknown on Thursday 17 July 2014 | 04:28

Ruangan dengan AC tidak menyehatkan tubuh. Ya, tahukah Anda jika berada di ruangan dengan pendingin udara atau AC dalam jangka waktu yang lama setiap harinya dapat menimbulkan dampak yang fatal bagi kesehatan? Sebab, dengan terus berada di dalam ruangan bersuhu udara sejuk tersebut akan memicu masalah yang berkaitan dengan sistem pernapasan dan kulit kita. Risiko itu pun akan meningkat lebih tinggi pada saat Anda berada di ruangan yang memakai AC selama lebih dari 9 jam setiap harinya.

Ruangan dengan AC tersebut dapat menganggu kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan kita. Oleh sebab itu, orang yang berada di ruangan ber-AC terlalu lama setiap harinya dapat mengalami infeksi pernapasan. Selain itu, juga terdapat gangguan lainnya seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, sampai gejala flu. Di samping itu, udara sejuk AC juga dapat menjadi pemicu mengeringnya selaput lendir yang terdapat di dalam saluran hidung dan mulut. Padahal, kelembaban adalah hal penting yang sangat dibutuhkan oleh membran sinus dan tenggorokan kita untuk menjalankan fungsi kekebalan tubuh.

Dengan demikian, kita juga perlu menyadari jika penggunaan AC tidak berarti kita akan menghirup udara yang segar. Sebenarnya, ada banyak kuman dan bakteri yang masih terperangkap di ruangan ber-AC apabila tidak rajin dibersihkan. Di samping itu, ventilasi dari lubang AC pun menjadi pemicu perkembangbiakan jamur karena hawa dingin dan lembab tersebut. Namun sebaliknya, jika kita berada di tempat yang tidak menggunakan AC  atau berada di area terbuka justru bisa lebih menyehatkan tubuh.

Ada sebuah studi yang menyatakan, berada di lingkungan terbuka akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebab, pada saat sel-sel darah putih menjalani tugasnya untuk melawan bakteri, maka mereka membutuhkan pasokan oksigen bebas dan segar. Selain itu, oksigen yang berasal dari udara bebas juga dianggap lebih bersahabat dengan tekanan darah dan denyut jantung manusia. Oksigen segar itulah yang dapat memberikan pengaruh pada hormon serotonin yang membuat pikiran menjadi lebih tenang. Maka dari itu tidak mengherankan apabila banyak orang yang ingin refreshing dan rileks dengan mengunjungi daerah pegunungan. Sebab, udara segar yang kita hirup pada pegunungan yang sejuk tersebut dapat membantu saluran udara paru-paru membesar.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger