Headlines News :
Home » , , , » Yunita Mandolang : IRC Terima Dana dari MNC Group

Yunita Mandolang : IRC Terima Dana dari MNC Group

Written By Unknown on Tuesday 15 July 2014 | 04:25

Yunita Mandolang yang merupakan Kepala Indonesia Research Center (IRC) mengungkapkan bahwa lembaganya memang telah menerima dana untuk melakukan perhitungan cepat atau quick count pada Pemilu Presiden 2014 ini dari tiga stasiun TV yang merupakan milik MNC Group, mulai dari RCTI, MNC TV, dan juga Global TV. Menurut pendapatnya, dana yang digunakan untuk membiayai hitung cepat itu mencapai hingga 2,5 Miliar. Akan tetapi, Yunita menampik jika akibat pendanaan itulah maka survei yang dilakukan oleh lembaganya sengaja dimanipulasi untuk memenangkan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presidennya. Seperti yang diketahui, MNC merupakan perusahaan milik Harry Tanoesoedibjo, yang notabene adalah pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Sesuai hasil hitung cepat IRC, Prabowo-Hatta unggul dengan jumlah dukungan 51,11 persen, sementara Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 48,89 persen suara.

Yunita Mandolang mengungkapkan, itu hanya sebatas kerja sama penyiarannya saja. Benar jika MNC Group sudah mendanai lembaga surveinya sehingga mereka dapat menyiarkan hasil hitung cepat yang dilakukan tersebut. Pada kesempatan itu juga, Yunita pun membantah informasi yang beredar jika IRC berada di bawah naungan MNC Group atau pun merupakan milik Harry Tanoesoedibjo. Sebab menurutnya, informasi itu justru beredar di kalangan masyarakat karena lembaganya tersebut menjalin kerja sama dengan tiga stasiun televisi MNC Group itu. Menurut Yunita, kantornya memang ada di MNC Tower, tetapi tidak satu perusahaan karena hanya lokasinya saja yang sama.

Sementara itu, lembaga lain yang juga ikut memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, yaitu Puskaptis ikut mengungkap sumber dana dalam diskusi tersebut. Husein Yazid selaku Direktur Eksekutif mengatakan, bahwa pihaknya membiayai sendiri survey yang dilakukannya tersebut, walaupun hasil survei itu ditayangkan di TV One. Menurutnya, TV One hanya sekedar mempublikasikannya saja. Sementara itu, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengaku membiayai sendiri hitung cepat yang menghasilkan keunggulan dari pasangan Jokowi-JK.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Tips Bola | Info Bola | Kaskusex
Copyright © 2013. Indomasterbola - All Rights Reserved
copyright supported by indomasterbola
Proudly powered by Blogger